IDENTIFIKASI MOTIVASI BELAJAR DAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERKONTRIBUSI TERHADAP KESERIUSAN BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH KOTA BIMA
Jurnal MIPA, Vol. 3, No. 2 November 2015 ISSN:2088-0294.
IDENTIFIKASI MOTIVASI BELAJAR DAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERKONTRIBUSI TERHADAP KESERIUSAN BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH KOTA BIMA
Oleh: Hendra
Dosen Tetap IAI Muhammadiyah Bima hendrasilabi@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk Mengidentifikasi Motivasi Belajar dan Faktor-faktor yang Berkontribusi Terhadap Keseriusan Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah Kota Bima.Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di SMA Muhammadiyah Kota Bima. Jumlah Informan dalam penelitian ini sebanyak 52 orang yang diambil secara acak acak dengan mempertimbangkan jumlah siswa, karena jumlah siswa yang perempuan lebih banyak dibandingkan dengan jumlah siswa laki-laki. Informan yang diambil terdiri atas 19 orang laki-laki dan 33 orang perempuan. Teknik Pengumpulan Data dalam penelitian ini menggunakan metode Observasi dan Open Ended Quisioner. Kesimpulan: Dari hasil pembahasan diatas maka dapat peneliti simpulkan bahwa : Motivasi belajar siswa akan semakin baik, ketika guru mampu mendesaian materi pelajaran menjadi lebih menyenangkan dan mudah untuk dipahami, selain itu guru harus memiliki sifat dan ahlak yang baik sehingga siswa dapat meniru ahlaknya dan merasa nyaman. Hal ini terbukti dengan jawaban siswa pada soal Nomor 1, yakni sebanyak (36,53%), Nomor 2 , sebanyak 38 (73,07%) dan soal nomor 8 sebanyak 24 (46,15%) siswa mengaku merasa senang dan nyaman dalam belajar ketika guru mampu mendesain mata pelajaran tersebut menjadi menyenangkan. Siswa-siswi di SMP Muhammadiyah Kota Bima akan memiliki kesungguhan, kepedulian dalam belajar, menempuh mata pelajaran disekolahnya serta memilih mengulang ketika nilai mereka rendah disebabkan mereka faktor kepuasaan/hasrat dengan mata pelajaran, faktor tanggung jawab dan adanya dorongan dari orang tua atau guru, hal ini tergambarkan pada soal nomor 3 sebanyak 46 (88,46%) dan soal nomor 4 sebanyak 34 (65,38%) siswa memilih faktor tersebut.Selanjutnya siswa yang telah belajar dengan sungguh-sungguh, melakukan persiapan, dan berusaha untuk menguasai pelajaran memiliki porsentase keyakinan yang tinggi dan memiliki kesiapan untuk menghadapi ujian. Hal ini dibuktikan dengan jawaban pada soal nomor 6, sebanyak 45 (86,53%) siswa memiliki keyakinan yang tinggi, yakni berkisar antara 80 – 100% yakin
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Faktor-Faktor yang Berkontribusi, Keseriusan Belajar.