Program studi S1 Pendidikan Agama Islam

Program studi S1 Pendidikan Agama Islam adalah sebagai program studi yang menjadi pusat rujukan pengkajian Pendidikan Agama Islam berbasis penelitian yang unggul dan kompetitif dalam penguasaan materi dan metodologi pembelajaran pada tahun 2020 dengan ahlak Qur’ani sebagai dasar pijakan.

Adapun misinya adalah :

  1. Mengembangkan kegiatan pendidikan dan pengajaran yang inovatif, kreatif dan Islami yang berbasis pada kebutuhan belajar dan perkembangan IPTEK.
  2. Mengembangkan penelitian yang inovatif dalam bidang pendidikan dan keislaman dalam mengembangkan keilmuan di bidang Pendidikan Agama Islam.
  3. Mengembangkan keilmuan bidang Pendidikan Agama Islam melalui program pengabdian kepada masyarakat yang bersendikan pada nilai keislaman dan kemuhammadiyahan.
  4. Memberikan landasan aqidah dan akhlak mulia sebagai manifestasi dari nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan pada mahasiswa melalui serangkaian kegiatan akademik dan kemahasiswaan yang dapat mendorong lahirnya lulusan yang profesional dan unggul pada bidangnya baik sebagai kader muhammadiyah, kader umat maupun sebagai kader bangsa.
  5. Mengembangkan dan meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan catur darma perguruan tinggi

 

Adapun profil lulusan S1 Pendidikan Agama Islam adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai pendidik Agama Islam pada jalur formal (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK dan yang sederajat) dan non formal (madrasah diniyah dan yang sederajat) yang memiliki kompetensi kepribadian, profesional, sosial dan pedagogik
  2. Sebagai asisten/pendamping peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran dan sosia keagamaan, serta mampu menghasilkan inovasi yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan pada pembelajaran PAI
  3. Sebagai wirausahawan dalam bidang pendidikan agama dari aspek teknologi,strategi maupun media pembelajaran bagi sekolah formal (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK dan yang sederajat) dan non formal (madrasah diniyah dan yang sederajat)