STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF UNTUK KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB

Abstrak

Siswa belajar secara aktif ketika mereka melihat secara terus menerus baik secara mental maupun fisik. Pembelajaran aktif itu penuh semangat, hidup, giat, berkesinambungan, kuat, dan efektif. Pembelajaran aktif melibatkan pembelajaran yang terjadi ketika siswa bersemangat, siap secara mental, bisa memahami pengalaman yang dialami, siaga dan membuat siswa terlibat dalam pembelajaran.Untuk menjaga agar pikiran selalu siaga, ragamkanlah langkah dan jenis kegiatan. Setiap pelajaran menyediakan ide-ide untuk merubah langkah dan setiap pelajaran disiapkan untuk bisa diadaptasikan. Merubah model kerja siswa dari kerja kelompok besar menjadi kerja indifidual atau kelompok kecil adalah salah satu cara yang mudah dan efektif untuk meragamkan langkah mental. Siswa perlu merasa bahwa mereka adalah bagian dari proses pembelajaran. Untuk memfasilitasi hal ini, setiap rencana pembelajaran menyertakan satu sesi yang disebut tujuan pembelajaran terukur, yang merangkum tujuan-tujuan pembelajaran yang kemudian dijelaskan kepada siswa dan satu sesi di akhir pelajaran yang disebut refleksi pemikiran mendalam, yang menyertakan saran untuk membantu siswa untuk mereflesikan kembali pengalaman yang mereka peroleh untuk mengukur ketercapaian tujuan dan mengetahui apakah mereka mengalami flow selama pelajaran berlangsung. Belajar aktif sangat diperlukan oleh peserta didik untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimum. Ketika siswa hanya menerima dari guru, ada kecenderungan untuk melupakan apa yang telah diberikan. Oleh karena itu diperlukan perangkat tertentu untuk dapat mengikat informasi yang baru saja diterima dari guru.

Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran Aktif, Kemahiran Bebicara Bahasa Arab

Penulis : Nurlaila, M.Pd & Nurdiniawati, M.Pd (Dosen Tetap IAI Muhammadiyah Bima)

File Journal : PDF