VISI & MISI

INSTITUT AGAMA ISLAM (IAI) MUHAMMADIYAH BIMA

 

  1. Visi

Pusat Pengembangan Keilmuan Islam yang Mencerahkan Berbasis Penelitian pada Tahun 2025

  1. Misi

Misi institut adalah:

  1. Menyelenggarakan layanan program pendidikan dan pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan mutu.
  2. Mengembangkan program penelitian dan kajian ke-Islaman yang kontekstual.
  3. Melaksanakan program pengabdian masyarakat yang bersendikan pada nilai ke Islaman dan Kemuhammadiyahan.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan lembaga lokal dan nasional dalam rangka memajukan Catur Dharma Perguruan Tinggi.

 

  1. Tujuan
  1. Menghasilkan sarjana muslim yang produktif, profesional, dan unggul pada bidangnya.
  2. Menghasilkan sarjana muslim yang mampu mengaplikasikan keilmuan sesuai bidangnya serta dapat menjadi dinamisator perubahan peradaban Islam.
  3. Mencetak lulusan yang dapat menjadi uswatun hasanah dalam kehidupan sosial kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan dengan bersendikan pada nilai Ke-Islaman dan Kemuhammadiyahan.
  4. Menghasilkan penelitian sebagai rujukan untuk mengembangkan studi ke Islaman dalam upaya peningkatan kualitas masyarakat muslim yang rahmatan lil’alamin.
  5. Menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersumber dari al-qur’an dan al-hadist melalui kajian yang komprehensif, terukur dan berkesinambungan.
  6. Menghasilkan model pengabdian masyarakat yang dapat dijadikan sebagai rujukan dalam menyelesaikan persoalan masyarakat.
  7. Menghasilkan sarjana muslim yang mampu menyelesaikan persoalan sosial kemasyarakatan yang berlandaskan pada nilai Ke-Islaman dan Kemuhammadiyahan.
  8. Menghasilkan kerjasama dengan berbagai intitusi dan lembaga baik kawasan maupun nasional dalam rangka memajukan Catur Dharma perguruan tinggi

 

  1. Sasaran

Sasaran Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Bima adalah:

  • Menjadi Perguruan Tinggi yang siap menghasilkan calon sarjana Islam yang dapat mengimplementasikan keilmuannya secara teoritik maupun praktik pada bidangnya.
  • Dapat menjadi perguruan tinggi yang bisa menghasilkan produk pemikiran, teori dan model pembinaan atau advokasi permasalahan yang relevan dengan dinamika social masyarakat.
  • Menjadi tempat membentuk karakter sarjana Islam yang professional, berintegritas, yang memiliki landasan aqidah, berakhlak karimah yang humanis dan berwawasan kebangsaan.