Program Studi S1 Pendidikan Islam Anak Usian Dini (PIAUD)

Program Studi S1 Pendidikan Islam Anak Usian Dini (PIAUD) mulai diselenggarakan di IAI Muhammadiyah Bima pada tahun 2014 berdasarkan SK Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Nomor 3656 tahun 2014 tanggal 01 Juli 2014. Prodi ini awalnya bernama S1 Penidikan Guru Raudlatul Athfal (PGRA) yang kemudian berdasarkan Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 3517 Tahun 2016 tentang Penyesuaian nomenklatur program studi di lingkungan kementerian agama berubah menjadi S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Visi program studi S1 Pendidikan Islam Anak Usian Dini adalah sebagai pusat rujukan dalam hal pendidikan, penelitian dan pengembangan pembelajaran anak usia dini pada jenjang Pendidikan Raudlatul Athfal dengan lulusan yang berkualitas, unggul, profesional dan kompetitif dengan akhlak Qur’ani sebagai dasar pijakan di tahun 2020.

 

Adapun misi program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini adalah sebagai berikut:

  1. Mengembangkan kegiatan pembelajaran yang inovatif, kreatif dan Islami yang berbasis pada tumbuh kembang anak dan perkembangan IPTEK pada jenjang Pendidikan Raudlatul Athfal.
  2. Mengembangkan penelitian yang inovatif dalam bidang pendidikan anak usia dini yang dapat dijadikan sebagai rujukan pengembangan pendidikan dan pembelajaran anak usia dini pada jenjang Pendidikan Raudlatul Athfal.
  3. Mengembangkan kemampuan pemahaman mahasiswa terhadap tumbuh kembang anak usia dini melalui program pengabdian kepada masyarakat dan program praktek pengalaman lapangan yang bersendikan pada nilai keislaman dan kemuhammadiyahan.
  4. Memberikan landasan aqidah qur’ani pada mahasiswa melalui serangkaian kegiatan akademik dan kemahasiswaan yang dapat mendorong lahirnya lulusan yang profesional dan unggul pada bidangnya.
  5. Menjalin dan mengembangkankerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan catur darma perguruan tinggi

 

Kompetensi yang diharapkan dari lulusan S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) adalah sebagai berikut

  1. Pendidik anak usia dini pada jalur formal (TK,RA dan yang sederajat dan non formal (KB, tempat pengasuhan anak dan yang sederajat) yang memiliki kompetensi kepribadian, profesional, pedagogik dan sosial berlandaskan nilai-nilai
  2. Pengelola lembaga pendidikan anak usia dini pada formal maupun non formal
  3. Pendamping yang bertugas memberikan bimbingan dan arahan di bidang pendidikan anak usia dini
  4. Eduenterpreneurship pada anak usia dini
  5. Asisten ahli dalam proses penelitian dasar dan terapandi bidang pendidikan anak usia dini