HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN ORIENTASI AKADEMIK DENGAN PERILAKU MENYONTEK SISWA

Educasi Guru. Vol. 2 No.1 Maret 2016
“Jurnal Pengembangan Pendidikan Guru ISSN : 2476-9495

HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN ORIENTASI AKADEMIK DENGAN PERILAKU MENYONTEK SISWA

Oleh: Hendra

(Dosen Tetap IAI Muhammadiyah Bima)

ABSTRAK

Perilaku menyontek dianggap menjadi hal yang biasa dikalangan siswa maupun mahasiswa, sehingga perlu untuk dicarikan solusi dan langkah pemecahan masalah dalam hal ini. Banyak faktor yang menyebabkan masalah ini, diantaranya adalah efikasi diri dan orientasi akademik siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan orientasi akademik dengan perilaku menyontek siswa pada pelajaran matematika. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan di siswa Kelas X SMA Negeri I Wonosari Kabupaten Klaten Propinsi Jawa Tengah. Jumlah sampel sebanyak 111 siswa yang terdiri dari laki-laki dan perempuan, cara pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling.

Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 15.0 for windows. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara efikasi diri dan orientasi akademik dengan perilaku menyontek siswa. Hal ini dapat dilihat dari ketiga hasil uji hipotesisnya yaitu: (1). Ada Hubungan yang sangat signifikan antara efikasi diri dan orientasi akademik dengan perilaku menyontek siswa, hal ini ditunjukkan dengan nilai F = 68,649 dengan signifikansi p = 0,000 (p<0,05). (2). Ada hubungan yang sangat signifikan antara efikasi diri dengan perilaku menyontek siswa, hal ini dintujukkan dengan nilai rx1y = 0,633 dengan signifikansi p = 0,000 (p<0,05). dan (3). Ada hubungan yang sangat signifikan antara orientasi akademik dengan perilaku menyontek, hal ini ditunjukkan dengan nilai rx2y = 0,741 dengan signifikansi p = 0,000 (p<0,05).

Kesimpulan: ada hubungan antara efikasi diri dan orientasi akademik dengan perilaku menyontek siswa SMA Negeri I Wonosari pada mata pelajaran matematika, baik secara parsial maupun bersamasama.

Kata Kunci: Efikasi Diri, Orientasi Akademik, Perilaku Menyontek.

Download PDF