SAMBUTAN REKTOR

INSTITUT AGAMA ISLAM (IAI) MUHAMMADIYAH BIMA

 

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 

Mengawali sambutan ini marilah kita panjatkan puji syukur keharibaan Allah SWT. Salam dan Shalawat semoga tetap tercurahkan pada Nabiyullah Muhammad SAW sebagai teladan terbaik bagi kita semua, semoga kita sebagai pengikut tetap istiqamah diatas shiratnya amin.

Perkenankan saya, baik atas nama pribadi maupun civitas akademika Institut Agama Islam ( IAI ) Muhammadiyah Bima dengan penuh kebahagiaan yang mana nilai-nilai islam senantiasa diinternalisasikan di dalam segala aktifitas kehidupan di kampus Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Bima, kami juga berharap kepada civitas akademika Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Bima dan para mahasiswa dapat berkarya di atas landasan spirit dan etika ke-islaman, siap berkarya di berbagai bidang keilmuan dan keahlian, tanpa harus tercerabut akar identitas moralnya sebagai seorang muslim. semoga keberhasilan ini merupakan spirit awal untuk memulai menata kemajuan sesuai dengan realitas zaman.

Hal penting, saya juga ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh Dosen dan tenaga kependidikan yang ada dilingkup Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Bima atas totalitas, komitmen serta kebersamaan dalam melaksanakan tugas akademik dan melayani dengan sebaik-baiknya sesuai dengan pedoman hidup islami warga Muhammadiyah.

Berbagai macam dinamika dan tantangan yang dihadirkan didunia Kampus menuntut Institut Agama Islam ( IAI ) Muhammadiyah Bima untuk terus berikhtiar menjadi perguruan tinggi yang memiliki marwah dalam pengembangan tradisi kajian keislaman dan keilmuan, dengan motto “Ilmu Amaliah dan Amal Ilmiah” termaksuk mencetak lulusan-lulusan terbaik untuk berkarya dalam bidang keilmuan masing-masing. Tentu saja keinginan seperti demikian membawa konsekuensi yang harus kita penuhi yakni peningkatan kualifikasi Sumber Daya Dosen, peningkatan pelayanan akademik dan pengembangan sarana dan prasarana perkuliahan yang berbasis pada zaman milenia.

Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima merupakan pilar penting yang terus berkontribusi untuk secara bersama-sama ikut mencerdaskan anak bangsa. Sejak terjadinya perubahan status dari Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Bima menjadi Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima, alhamdulillah Institut Agama Agama Islam Muhammadiyah Bima telah mendapatkan kepercayaan untuk mengelola 3 Fakultas yakni:

  1. Fakultas Tarbiyah dengan 4 (empat) Program Studi yakni;
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam
    • Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, dan
    • Program Studi Pendidikan Guru Madrtsah Ibtidaiyah.
  2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dengan Program Studi Ekonomi Syari’ah
  3. Fakultas Syari’ah dengan Program Studi Hukum Keluarga

Sudah barang tentu keberadaan Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Bima hari ini dikaitkan dengan konteks pencerdasan anak bangsa guna turut serta mengambil tugas pada terwujudnya insan cendekia islam dan berakhlak mulia, maka adalah suatu keharusan dan amanah bagi kami karena sampai pada hari ini Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Bima senantiasa mendapat kepercayaan masyarakat untuk mendidik putra-putrinya di IAI Muhamadyah Bima.

Semoga Allah SWT, senantiasa menganugerahkan bimbingan dan petunjuknya kepada kita semua dalam memantapkan kontribusi Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Bima untuk terus bersinergi dengan situasi zaman dimasa yang akan datang.

Billahi Fii Sabilil Haq, Fastabiqul Khairat.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bima, Nopember 2017

Rektor

 

 

Syafruddin M.Pd.I