Profil Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

VISI

Mewujudkan Program studi Ekonomi Syari’ah STAI Muhammadiyah Bima sebagai pusat rujukan dalam hal pendidikan, penelitian dan pengembangan sumber daya Muslim profesional yang berakhlakul karimah dan unggul dibidang Ekonomi Syari’ah baik secara normatif maupun Empirik di tahun 2020.

MISI

  • Mengembangkan kegiatan pembelajaran yang inovatif, kreatif dan islami yang mengintegrasikan antara teori dan praktek pengelolaan Ekonomi berbasis Syari’a
  • Mengembangkan penelitian yang inovatif dalam bidang ekonomi yang dapat dijadikan sebagai rujukan pengelolaan ekonomi berbasis syari’ah
  • Mengembangkan kemampuan pemahaman mahasiswa terhadap pengelolaan ekonomi berbasis syari’ah melalui program pengebadian kepada masyarakat dan program praktek kerja lapangan yang bersendikan kepada nilai keislaman dan kemuhammadiyahan.
  • Memberikan Landasan aqidah qur’ani pada mahasiswa yang diintegrasikan dalam program peningkatan ketrampilan pada bidang pengelolaan lembaga-lembaga ekonomi syari’ah.
  • Menjalin dan mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan catur darma perguruan tinggi.

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

A. Sasaran STAI Muhammdiyah Bima

Sasaran Program studi S1 Ekonomi Syari’ah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Muhammadiyah Bima Adalah :

  • Menjadi prodi yang siap menghasilkan calon tenaga ekonomi melalui seleksi yang ketat terhadap calon mahasiswa yang berasal dari berbagai Sekolah Menengah Umum dan alumni pendidikan Pesantren dan madrasah yang ingin menjadi sarjana dan memiliki kualifikasi akademik dalam bidang pengembangan ekonomi berbasis syari’ah
  • Menjadi prodi yang bisa menghasilkan produk pemikiran, teknologi dan system baru pengembangan perekonomian berbasis syari’ah, khususnya bagi para calon tenaga kerja baik di perbankan swasta dan nasional, pekerja di BUMN dan BUMD yang ingin menguasai prinsip-prinsip pengembangan perekonomian berbasis syari’ah.
  • Menjadi tempat membentuk karakter tenaga ekonom yang memiliki aqidah dan berakhlak karimah terutama yang berdasarkan Al-Qur’an dan Al-Hadits bagi calon mahasiswa dari berbagai latar belakang keilmuan.
  • Menjadi tempat menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai luhur praktek ekonomi berbasis syariah yang bersumber dari Al-Qur’an dan Al-Hadits terutama bagi para tenaga ekonom yang telah berkiprah dalam bidang ekonomi.

B. Strategi Pencapaian Sasaran STAI Muhammadiyah Bima

Untuk mencapai sasaran dalam pencapaian visi, misi, tujuan, sasaran dan strategi pencapaian tersebut, strategi yang ditempuh program studi S1 Ekonomi Syari’ah STAI Muhammadiyah Bima adalah sebagai berikut :

  • Meningkatkan kualitas dosen, baik dengan pendidikan formal seperti melanjutkan studi maupun non formal yaitu mengikuti seminar, workshop, pelatihan, maupun forum ilmiah lainnya sehingga dalam pembelajaran dosen memiliki kompetensi yang baik.
  • Meningkatkan kualitas pelayanan terhadap mahasiswa dengan melengkapi fasilitas sumber belajar (hotspot area, LCD, buku-buku, jurnal, e-book dan e-journal)dan meningkatkan buku-buku referensi mata kuliah yang memudahkan mahasiswa dan dosen untuk mengembangkan wawasan keilmuan dan berwawasan Islam.
  • Memberikan stimulan anggaran kepada para dosen dan mahasiswa untuk melakukan kegiatan penelitian pendidikan Islam dalam meningkatkan kualitasnya dan meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak dalam bidang penelitian.
  • Mengembangkan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai instansi dan perguruan tinggi Islam lainnya yang mencakup upaya peningkatan kapasitas implementasi catur darma perguruan tinggi.
  • Mempublikasikan hasil penelitian melalui jurnal, Koran, seminar, workshop, dan forum-forum ilmiah dan mengadakan workshop peningkatan kualitas akademik dosen seperti pembelajaran aktif, evaluasi pembelajaran, metodelogi penelitian dan IT.
  • Meningkatkan dan mengembangkan sarana dan prasarana secara terencana dan berkesinambungan sesuai dengan kemampuan keuangan lembaga.