WAKIL REKTOR I MENGHADIRI RAPAT KERJA PIMPINAN PTKIS KOPERTAIS WILAYAH IV SURABAYA

Selama tiga hari, pimpinan IAI Muhammadiyah Bima yang diwakili oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Fathurrahman, M.Ag menghadiri Rapat pimpinan PTKIS (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta) Kopertais Wilayah IV Surabaya. Rapat Pimpinan ini berlangsung dari hari Jumat-Minggu pada tanggal 26-28 April 2019 yang berlangsung di Hotel Premier Place Sidoarjo Surabaya.

Rapat Piminan yang mengusung tema “Penguatan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi dan Kemandirian Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) Kopertais Wilayah IV Surabaya di Era Revolusi Industri 4.0. diikuti oleh 175 dari 195 pimpinan perguruan tinggi se-Kopertais Wilayah IV Surabaya dan diisi beberapa materi oleh narasumber serta menghasilkan beberapa rekomendasi penting berkaitan dengan Akreditasi Perguruan Tinggi dan Kemandirian PTKIS di bawah naungan kopertais wilayah IV Surabaya.

Acara yang dibuka oleh Koordinator Kopertais Wilayah IV Surabaya, Prof. Dr. H. Masdar Hilmy, Ph. D dimulai dengan sesi tentang mutu kelembagaan dan akreditasi PT melalui materi Mutu Kelembagaan PTKIS oleh Prof Dr. H. Arskal Salim GP, M.Ag dan materi tentang Relevansi Akreditasi Perguruan Tinggi dan Mutu Pendidikan Tinggi oleh Suparto, M.Ed., Ph.d  yang merupakan salah satu direktur eksekutif BAN PT.

Sesi tentang kemandirian perguruan tinggi dimulai pada hari berikutnya (Sabtu, 27 April 2019) diisi oleh Sekretaris Kopertais wil. 4 Surabaya Dr. H. M. Yunus Abu Bakar, M. Ag dengan materi Peralihan Sistem Simkopta generasi pertama (Simkopta G.1) ke Simkopta Generasi Kedua (Simkopta G.2). Menurut Dr. H. M. Yunus Abu Bakar, M. Ag, Simkopta G.2 ini terintegrasi satu system yang tersambung dengan Akreditasi PT, Forlap PD Dikti, Sister Dikti, Sivil/Pin Ijazah dan Emis Kementerian Agama RI. Prinsipnya kerjanya adalah operator masing-masing  PTKIS yang bekerja mengupload data ke Simkopta, Kopertais lewat sistem SIMKOPTA G.2 yang kemudian memverifikasi. Sehingga menurutnya, dibutuhkan tenaga operator yang professional dan bertanggungjawab. Sesi ini juga isi oleh Dr. Arif Mansyuri yang mereview berbagai perkembangan kelembagaan ad hoc dalam naungan Kopertais Wilayah IV Surabaya yang terjadi sejak tahun 2014-2019 sebagai upaya meningkatkan mutu. Termasuk diantara lembaga ad hoc ini adalah adanya pembentukan Forum Redaktur Jurnal (Foredj), Forum Program Studi, Asosiasi Pimpinan PTKIS Per Zona, Forum Komunikasi Dosen Peneliti (FKDP), Forum Komunitas Mutu dan sebagainya. Menurutnya, kesemua ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan mutu Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta.

Sesi ketiga dari kegiatan ini diisi dengan rapat komisi dan pleno yang menghasilkan beberapa point penting lainnya dari Rapim ini, yaitu adalah terbentuknya Forum Pimpinan (Forpim) PTKIS Kopertais Wil. 4 Surabaya sebagai forum komunikasi  para pimpinan terkait upaya peningkatan mutu melalui pembinaan dan pelayanan administrasi PT di lingkungan kopertais.  Terpilih sebagai ketua umum yaitu Prof Dr. Amal Fathullah Zarkasy, MA dari Universitas Islam Darussalam (UNIDA)  Gontor. Forum ini menghasilkan beberapa agenda kerja yang meliputi pembenahan aspek kelembagaan, kurikulum, sumber daya manusia, penelitian dan pengabdian masyarakat, jurnal dan publikasi ilmiah, serta aspek kemahasiswaan. Forum ini juga menghasilkan beberapa rekomendasi  penting yang berkaitan dengan peningkatan mutu pelayanan administrasi jabfung dan pengajuan angka kredit dosen, penyelarasan administrasi mahasiswa dan dosen supaya berbasis pada Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PD Dikti) termasuk diantaranya penghapusan NIRM dan NIRL. (tunk01)