Visitasi Program Studi PGMI IAI Muhammadiyah Bima

Acara Pembukaan Visitasi Program Studi PGMI Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima

Kota Bima, IAIMBima.- Jumat (16/03) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Bima mendapat kunjungan tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dalam rangka visitasi akreditasi.

Acara visitasi diagendakan selama 3 hari (15-16 maret 2018), menghadirkan dua asesor yang tergabung dalam satu tim visitasi. Kamis (15/03), Dr. Ernawulan Syaodih, M.Pd tiba di Bandara Salahuddin Bima pukul 15.00 WITA dan disusul oleh Dr. Fahrurozi, M.Pd keesokan pagi. Kedatangan tim asesor disambut oleh Dekan Fakultas Tarbiyah (Dr. Ruslan, M.Ag, M.Pd), Kaprodi PGMI (Umar, M.Pd) dan Sekretaris PGMI (Dewi Masita, M.Pd.I), serta dosen PGMI.

Dalam kesempatan tersebut rektor IAI Muhammadiyah Bima Syafruddin, M.Pd.I mengawali sambutan dengan mengucapkan selamat datang pada para asesor di ruang dosen IAI Muhammadiyah Bima. Selanjutnya, memperkenalkan pimpinan fakultas, kaprodi, sekretaris, dan dosen PGMI. Dekan Fakultas Tarbiyah menjelaskan proses pendirian prodi PGMI dan kondisi Fakultas Tarbiyah terkini

Asesor melakukan klarifikasi, verifikasi, dan validasi isi borang yang telah diterima sebelumnya, serta melakukan komunikasi, tanya jawab, dan pemeriksaan bentuk fisik atau faktual data kegiatan akademik di prodi PGMI, terutama yang berkaitan dengan fasilitas pembelajaran. Tim asesor melakukan peninjauan terhadap sarana dan prasarana kampus seperti ruang perkuliahan, perpustakaan, laboratorium komputer, dan laboratorium bahasa.

PGMI merupakan program studi baru dan perdana menghadapi visitasi. Visitasi bertujuan untuk meningkatkan mutu pengelolaan akademik di prodi PGMI Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima agar lebih baik lagi ke depannya. Hasil penilaian visitasi tidak tentu, paling cepat adalah satu bulan atau lebih. Akreditasi program studi PGMI akan disahkan melalui SK BAN-PT apabila hasil visitasi telah keluar.

[RM]