VISI MISI DAN TUJUAN FAKULTAS SYARI’AH INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH BIMA

VISI

Unggul dan Berdaya Saing dalam Bidang Hukum Islam Berbasis Penelitian di Tingkat Nasional tahun 2019”

MISI

  1. Menyelenggarakan layanan pendidikan tinggi di bidang hukum Islam berwawasan humanis dan religius.
  2. Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan di bidang syariah dan hukum yang berkesinambungan
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dalam rangka peningkatan kesadaran hukum masyarakat
  4. Menjalin kerjasama dan kemitraan dengan lembaga-lembaga lain di daerah dan nasional

TUJUAN

  1. Menghasilkan sarjana hukum Islam yang yang beriman, profesional, unggul, berwawasan kebangsaan, memiliki kepekaan sosial, berdaya saing dan berintegritas tinggi.
  2. Menghasilkan sarjana hukum Islam yang memiliki kemampuan menganalisis permasalahan hukum dalam masyarakat, serta proaktif terhadap perkembangan lingkungan dan mampu menggunakan hukum Islam sebagai sarana memecahkan masalah yang konkrit.
  3. Menghasilkan penelitian yang dapat dijadikan sebagai rujukan untuk mengetahui, menjelaskan dan memprediksikan fenomena-fenomena hukum dan syariat Islam dalam masyarakat.
  4. Menghasilkan penelitian terapan untuk mencari solusi masalah-masalah syariah dan hukum sehingga hasil penelitian dapat dimanfaatkan langsung untuk kepentingan masyarakat.
  5. Menghasilkan model pengabdian masyarakat yang bersendikan pada nilai Ke-Islaman dan Kemuhammadiyahan yang dapat dijadikan sebagai rujukan dalam menggali dan menyelesaikan persoalan masyarakat dan keumatan.
  6. Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat dalam bidang hukum Islam dalam upaya membantu menyelesaikan problematika masyarakat di bidang hukum.
  7. Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan dosen dan mahasiswa untuk menciptakan masyarakat yang sadar hukum, berlandaskan pada nilai-nilai kebangsaan, keislaman dan kemuhammadiyahan.
  8. Menghasilkan kerjasama kemitraan dalam membangun dan membina masyarakat yang sadar hukum sebagai upaya mewujudkan stabilitas sosial yang berlandasakan pada nilai-nilai keislaman.
  9. Menghasilkan kerjasama dan kemitraan dengan berbagai intitusi dan lembaga baik lokal, kawasan, dan nasional dalam rangka memajukan Catur Dharma Perguruan Tinggi